Senin, 08 September 2008

SUCCESS FORMULA

“sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah, dan orang-orang yang berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”( Al-Baqarah : 218)

Menjadi kaya, sehat, bahagia, terkenal dan dicintai adalah keinginan semua orang. Memiliki kesuksesan menjadikan hidup kita sempurna (perfect life) dan lebih bermakna. Sayangnya tidak semua orang bisa meraih kesuksesan hidup tersebut. Hal ini bukanlah karena meraih sukses itu hal yang mustahil diraih semua orang. Bukan juga karena sukses hanyalah milik segelintir orang. Setiap orang bisa sukses, karena sukses adalah hak setiap orang.
Sudah merupakan hal yang fitrah ketika setiap manusia berharap hal yang terbaik bagi kehidupannya. ketika Anda tanyakan kepada setiap orang yang Anda temui di jalan, bahkan pada seorang pengemis sekalipun apakah dia ingin sukses? maka secara pasti semua orang akan menjawab dengan lantang “ya, saya ingin sukses!” Hanya ada dua jenis orang yang tidak ingin memiliki kehidupan yang sukses yaitu orang gila dan orang mati.
Berbagai macam cara pun akhirnya dilakukan manusia agar bisa mendapatkan status sebagai “orang sukses”. bagi orang yang percaya bahwa sukses adalah kerja keras maka dia pun bekerja keras tanpa henti dengan menggunakan segala macam cara untuk mendapatkannya. bagi mereka yang percaya bahwa sukses dapat diperoleh secara instan melalui sebuah bantuan kekuatan setan, maka mereka pun berbondong-bondong mendatangi para dukun yang nyata-nyata kehidupnya jauh dari status “orang sukses” secara pandangan orang umum.
Sebagai makhluk ciptaan Allah yang ditugaskan untuk menjadi khalifah dimuka bumi, Allah sesungguhnya telah memberikan panduan praktis tentang bagaimana agar setiap manusia dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. menjadi seorang manusia sukses. Siapapun Anda, apakah Anda ingin menjadi seorang tenaga penjual sukses, wirausaha pelopor, pengacara ulung, guru / dosen yang penuh inspirasi, mahasiswa yang cerdas, politikus yang bijak, pembicara yang penuh percaya diri, penemu hebat atau astronaut. Terdapat sebuah formula sukses yang dapat membantu anda mendapatkan apa yang anda inginkan tersebut. formula tersebut merupakan strategi jitu bagi anda untuk menjadi seperti apapun yang anda inginkan, dan mendapatkan apapun yang ingin anda miliki. Strategi yang pertama adalah strategi iman, yang kedua adalah hijrah, dan yang ketiga adalah jihad.
Baiklah kita akan membahas ketiga strategi sukses ini satu per satu. strategi yang pertama adalah iman. hampir dalam setiap buku motivasi maupun pengembangan diri disebutkan bahwa kekuatan keyakinan adalah faktor mendasar yang memiliki kontribusi penting bagi setiap pencapaian yang diinginkan. kalimat yang sering kita dengarkan adalah “If you think you can, you can!, if you think you can’t, you can’t” (jika anda berpikir bahwa anda bisa maka anda pasti bisa, jika anda berpikir anda tidak bisa maka anda pasti tidak bisa). kekuatan keyakinan inilah yang juga disebut sebagai iman.
dalam pendekatan aqidah islam, iman itu adalah sesuatu yang diyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan perbuatan. sehingga secara psikologi, iman sebenarnya terdiri atas tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. ketika kita mengimani sesuatu maka seharusnya kita memiliki positive mind, positive emotion, dan positive motion pada sesuatu tersebut. Pikirannya harus positif, perasaan harus positif, demikian pula tindakannya harus positif.
sebagai contoh, ketika Anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses. strategi pertama yang harus Anda ambil adalah memiliki iman (keyakinan) yang kuat bahwa Anda dapat menjadi pengusaha yang sukses. iman atau keyakinan ini ditunjukkan oleh pikiran positif bahwa Anda memiliki kemampuan dan kesempatan untuk emnjadi pengusaha sukses. perasaan andapun tenang dan damai tanpa ada sedikitpun rasa khawatir dan ragu. sikap dan tindakan andapun menunjukkan bahwa anda adalah seorang pengusaha sukses.
strategi kedua dalam formula sukses adalah hijrah. secara bahasa hijrah berarti “berpindah” atau melakukan sebuah transformasi (perubahan). kebanyakan orang tidak dapat mencapai sukses yang mereka inginkan dikarenakan cara atau strategi yang mereka lakukan kurang tepat. Saya tidak akan mengatakan cara yang mereka lakukan salah. Karena cara yang salah berarti gagal. Sementara dalam kamus saya tidak ada kosakata gagal, yang ada adalah belajar. Ketika kita melakukan sesuatu dengan cara yang kurang tepat maka bidikan kita akan melenceng dari sasaran yang tepat.
Ketika Anda berharap untuk menghasilkan sesuatu yang lebih dalam pekerjaan Anda, sementara Anda tetap mempertahankan cara berpikir dan cara kerja yang sama maka dapat dipastikan bahwa hasil yang akan anda peroleh akan sama dengan hasil yang anda peroleh sebelumnya. Untuk mendapatkan hasil A, tindakan kita juga harus A. Anda tidak mungkin akan mendapatkan A jika tindakan yang Anda lakukan adalah B. Demikian juga jika Anda menginginkan hasil B, selama tindakan yang Anda lakukan adalah A maka B adalah hal mustahil bagi Anda. Tindakan yang sama akan menghasilkan hasil yang sama. Untuk dapat memperoleh hasil yang berbeda, Anda harus memikirkan dan melakukannya dengan cara yang berbeda. Formula ini berlaku pasti sebagaimana hukum perkalian dalam matematika. Perkalian 1 x 2 secara pasti sama dengan 2. 1 x 2 tidak akan pernah menghasilkan angka 10. Nilai 10 hanya akan Anda dapatkan ketika Anda mengubah perkalian 1 x 2 menjadi 1 x 10 atau 2 x 5. sekali lagi saya ingatkan ”If you take the same action everyday, you will get the same result; if you want different result, you must changes your action” (Jika Anda mengambil tindakan yang sama setiap hari, Anda akan mendapatkan hasil yang sama; Jika Anda menginginkan hasil yang berbeda, anda harus mengubah tindakan anda)
Sebagai orang yang ingin menajdi seorang pengusaha sukses, anda harus melakukan hijrah (perubahan) terhadap cara-cara lama yang tidak menghasilkan hasil seperti yang anda inginkan. ketika produk yang anda jual belum menghasilkan omset sesuai dengan yang anda harapkan maka segeralah lakukan hijrah, ubahlah system pemasaran, promosi, maupun distribusi dari produk tersebut. dengan melakukan perubahan pada “cara”, anda akan memperoleh perbedaan pada “hasil”
Strategi ke tiga adalah jihad. secara bahasa jihad memiliki makna “bersungguh-sungguh”. jihad juga dapat berarti anda memiliki consistent dan persistent _ kerja nyata yang konsisten dan berkesinambungan sampai terwujudnya suatu tujuan. orang-orang sukses adalah mereka yang mau melakukan kerja nyata secara terus menerus dan konsisten, sementara mereka yang merasa gagal dalam hidup ternyata adalah orang-oranga yang selalu hidup di buai mimpi tanpa mau melakukan kerja keras secara konsisten sampai terwujudnya sebuah tujuan.


Tidak ada komentar: