Senin, 08 September 2008

Long Life Learning Mentality

Bacalah! Tuhanmulah Yang Maha Pemurah! Yang mengajar dengan kalam” (Al-Alaq : 1-4)
Setiap manusia memiliki kemampuan yang hampir tak terbatas untuk belajar dan berkembang dalam bidang maupun pekerjaan apapun yang mereka inginkan. anda memiliki lebih banyak daya pikir, kemmapuan, dan kecerdasan daripada yang pernah anda gunakan, kalau anda ingin mengembangkan diri anda sepanjang sisa hidup anda. anda jauh lebih cerdas sejauh dari apa yang pernah anda bayangkan. Tidak ada rintangan yang tidak bisa anda atasi, tidak ada masalah yang tak dapat anda pecahkan, dan tak ada tujuan yang tidak dapat anda capai dengan menggunakan kekuaatan pikiran anda.
Tetapi otak manusia sama seperti otot. berkembang hanya jika digunakan. seperti ketika anda harus melatih otot fisik anda agar kuat, anda pun harus melatih otot mental anda untuk dapat membangun kecerdasan anda. Kabar baiknya adalaha makin banyak anda belajar, makin banyak yang dapat anda pelajari. seperti semakin sering anda dalam berolah raga, maka akan semakin bagus anda dalam olah raga tersebut. semakin banyak anda menginvestasikan waktu anda pada pembelajaran seumur hidup, lebih mudah bagi anda untuk belajar lebih banyak.
Menurut Brian Tracy, seorang maha guru dibidang pengembangan diri ada tiga kunci yang dapat anda terapkan untuk menjadi seorang pembelajar seumur hidup. Kunci pertama adalah membaca di bidang anda paling sedikit 30 sampai 60 menit setiap hari. membaca bagi otak adalah sama seperti olah raga bagi tubuh. membaca selama satu jam setiap hari akan menjadi sekitar satu buku per minggu. satu buku perminggu akan menjadi 50 buku per tahun. lima puluh buku pertahun akan menjadi 500 buku dalam 10 tahun yang akan datang.
karena rata-rata orang dewasa membaca kurang dari satu buku pertahun, ketika anda mulai membaca satu jam perharI, atau satu buku per minggu, ini saja akan memberikan anda keunggulan yang lua biasa di bidang anda. anda akan menjadi seorang yang paling cerdas, paling kompeten, dan dibayar paling mahal di profesi anda dengan hanya membaca satu jam setiap hari.
Mari kita lihat apa yang Anda miliki jika Anda mulai membiasakan diri membaca buku sehari selama satu jam. Membaca buku selama satu jam dalam sehari maka dalam seminggu Anda akan dapat menyelesaikan minimal satu buku. Hal itu sama dengan membaca empat buku dalam sebulan. Selama setahun total buku yang telah Anda baca mencapai empat puluh delapan buku . Dalam sepuluh tahun, hampir lima ratus buku yang telah Anda baca.
Selanjutnya Anda bandingkan jika dalam sehari Anda mengalokasikan waktu tiga jam untuk membaca buku. Satu jam setelah Anda bangun dipagi hari, satu jam disaat santai di sore hari, dan satu jam sebelum Anda tidur dimalam hari. Dalam satu minggu maka Anda dapat menghabiskan membaca dua buah buku. Dalam sebulan menjadi delapan buku. Setahun menjadi sembilan puluh enam buku, dan dalam waktu kurang lebih lima tahun Anda telah dapat membaca lima ratus buku.
Jika Anda telah membaca seratus buku tentang manajemen (atau bidang yang lainnya), maka Anda layak disebut sangat baik menguasai ilmu manajemen. Namun jika Anda telah membaca kurang lebih lima ratus buku tentang manajemen maka Anda sangat-sangat layak untuk disebut orang hebat dalam ilmu manajemen.
Rata-rata orang sukses menghabiskan minimal tiga jam untuk membaca buku dibidangnya. Di rumah-rumah mereka terdapat perpustakaan pribadi yang berisi ratusan bahkan ribuan judul buku. Mereka juga sangat-sangat menghargai waktu. Kemanapun mereka pergi, buku senantiasa menjadi teman yang setia. Mereka menyempatkan membaca selembar demi selembar disela-sela kegiatan. Tidak ada waktu kosong yang tidak dilewatkan dengan membaca.
Secara teknis, seseorang tidaklah perlu sekolah setinggi mungkin untuk memperoleh ilmu. Kecuali yang diinginkan adalah ijasah atau gelar akademik. Hanya dengan rajin membaca dan praktek, seseorang bisa menjadi ahli dalam setiap bidang yang diminatinya. Kebanyakan dari para pelajar maupun mahasiswa, kegiatan menuntut ilmu hanya dilakukan saat pembelajaran di dalam kelas. Dengan keterbatasan jam belajar serta kemampuan pengajar dalam menyampaikan materi, dapat Anda perkirakan berapa banyak ilmu yang dapat mereka serap. Tanpa ditunjang oleh kegiatan membaca maka yang tercipta adalah para lulusan perguruan tinggi yang siap memenuhi daftar panjang para pengangguran terdidik di negara ini.
Kunci kedua untuk pembelajaran seumur hidup adalah mendengarkan kaset atau CD audio sepanjang anda memiliki kesempatan. Rata-rata orang menghabiskan waktu dalam perjalan sebanyak 500 sampai 1000 jam dalam setahun. ini sama dengan 12 sampai 24 minggu kerja, atau sama dengan satu atau dua semester penuh berada di universitas.
Kemajuan teknologi saat ini memberikan kesempatan pada anda untuk dapat mendengarkannnya kapan dan dimanapun anda inginkan. Anda dapat mendengarkannya dalam bentuk kaset yang anda putar dalam tape mobil atau walkman. Anda dapat membeli sebuah MP3 atau MP4 player dan mengisinya dengan file audio yang berisi ceramah pengembangan diri atau materi pembelajaran lainnya. atau pun anda dapat mengisi file audie tersebut kedalam Handphone yang anda selalu bawa kemana-mana.
Maksimalkan setiap waktu yang anda miliki. jangan pernah membiarkan sedetikpun berlalu tanpa anda mendapatkan informasi berharga yang dapat membuat anda semakin unggul dalam bidang anda. banyak orang yang telah sukses dan menjadi multi jutawan melalui keajaiban mendengarkan kaset / CD audio. inilah kenapa belajar melalui mendengarkan kaset / CD audio disebut sebagai terobosan terbesar dalam pendidikan sejak ditemukannya mesin cetak.
secara rutin saya senantiasa mendengarkan materi pendidikan dalam bentuk audio dalam setiap
kesempatan yang ada setiap harinya. biasanya saya memutarnya ketika sedang dalam perjalanan berkendaraan, saat menunggu, ketika sedang duduk santai, sambil berbaring melepas lelah, dan ketika menjelang tidur.
Kunci ketiga untuk menjadi pembelajar seumur hidup adalah dengan mengikuti setiap kursus atau seminar yang dapat anda temui, yang dapat membantu anda menjadi lebih baik di bidang anda. melalui kursus, training dan seminar anda dapat belajar secara langsung dari para pakar di bidangnya. bahkan menurut Robert T Kiyosaki, belajar melalui kursus maupun seminar memiliki efektifitas yang lebih tinggi dibandingkananda belajar dalam sebuah pendidikan formal. sebagai contoh, untuk belajar tentang “marketing” di dalam kampus anda harus mengambil sekian banyak SKS, namun melalui seminar anda dapat mempelajari marketing secara teori maupun prektek dalam waktu yang sangat singkat. sebagai contoh, seminar “Marketing Revolution” yang dibawakan oleh Tung Desem Waringin.
Perpaduan antara buku, kaset/CD audio, dan seminar memungkinkan anda menghemat ratusan jam, jutaan rupiah, dan banyak waktu kerja keras dalam mencapai tingkat kesuksesan di bidang anda.
Cara lain yang dapat anda gunakan untuk menjadi pembelajar seumur hidup adalah belajar dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Anda dapat belajar dari diri anda sendiri melalui proses perenungan maupun berpikir secara mendalam. anda dapat memulai proses belajar seperti ini dengan cara membuat sebuah “pertanyaan inspiratif” kedalam diri. pertanyaan itu dapat berasal dari sebuah perenungan tentang diri sendiri maupun hasil dari pengamatan terhadap lingkungan sekitar. ketika pertanyaan itu telah anda temukan, maka secara perlahan berbagai jawabanpun akan muncul dengan sendirinya dalam kepala anda.
Motivator Nomor satu di dunia, Anthony Robbins berkata bahwa “ If you want to be successful, find someone who has achieved the results you want and copy what they do and you’ll achieve the same result” (Jika anda ingin meraih kesuksesan, carilah seseorang yang telah mencapai hasil yang adna inginkan kemudian tirulah apa yang mereka lakukan dan anda akan mendapatkan hasil yang sama). belajar adalah sebuah proses meng-copy pengetahuan maupun keterampilan dari orang-orang yang telah berhasil dibidangnya.
Buatlah keputusan hari ini untuk menjadi manuasia pembelajar seumur hidup. dalam sebuah hadits Rasulullah SAW berpesan pada umatnya “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang kubur.” Anda akan kagum melihat hasil yang akan anda peroleh dalam hidup anda sebagai mana yang dijanjikan Allah dalam Al Quran bahwa sesungguhnya Allah akan meninggikan orang-orang yang memiliki ilmu beberapa derajat.

Tidak ada komentar: