Kamis, 07 Oktober 2010

Atasi Obesitas dengan Memprogram ulang kebiasaan makan Anda


“Tidak ada manusia yang dilahirkan untuk menjadi gemuk.” Ronal Hutagalung

Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan metode diet ketat, melakukan fitness, dan mengkonsumsi obat pelangsing. Sayangnya, metode ini hanya berhasil bagi sedikit orang. Umumnya mereka yang melakukan diet ketat hanya akan bertahan beberapa bulan dikarenakan merasa tersiksa dengan berbagai macam aturan dan pantangan dalam makanan. Mereka yang melakukan penurunan berat badan denagn melakuakn olahraga maupun fitness juga demikian, hanya dapat bertahan beberapa bulan. Saat mereka telah mendapatkan bentuk tubuh idealnya, cenderungnya mereka akan kembali gemuk bahkan lebih gemuk dari sebelumnya.

Salah seorang klien dalam terapi langsing yang saya lakukan menceritakan bahwa dia pernah menurunkan berat badan hingga 20 kg hanya dalam waktu 1 bulan dengan meminum obat pelangsing. Sayangnya hal tersebut tidaklah permanen, saat dia berhenti minum obat pelangsing karena bosan ataupun lupa, maka dengan cepat berat badannyapun kembali naik.

Saat Anda mengalami kegemukan, maka yang salah bukanlah tubuh Anda, namun sesuatu yang berada di dalam kepala anda, yaitu program tertentu dibawah sadar. Mereka yang kegemukan itu dikarenakan memiliki berbagai macam kebiasaan negative yang menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Meski apapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kegemukan, selama program tersebut tidak segera diperbaiki maka Anda akan tetap dalam masalah yang sama.

Kegemukan umumnya disebabkan oleh beberapa kebiasaan sebagai berikut :

1. Kebiasaan makan secara emosi

2. Kebiasaan Ngemil

3. Terobsesi pada makanan tertentu

Kebiasaan-kebiasaan inilah yang kemudain menjadikan seseorang terus menimbun lemak dalam dirinya hingga menyebabkan obesitas. Paul mc kenna, seorang pakar hypnosis dan hypnotherapy asal inggris dalam program trainingnya yang berjudul “Paul McKenna will make you thin” menjelaskan bahwa untuk bisa mengatasi kegemukan, Anda harus dapat merubah kebiasaan makan yang negative dan segera menggantinya dengan kebiasaan makan yang positif. Berikut 4 aturan emas yang harus Anda gunakan saat makan :

1. Makanlah ketika lapar

Lapar dalam setiap diri manusia ada dua jenis, yaitu lapar fisik dan lapar emosi. Lapar fisik adalah lapar yang terjadi ketika perut kita kosong. Sedangkan lapar emosi adalah lapar yang terjadi karena dorongan emosi kita untuk makan, sementara saat itu kita masih dalam keadaan kenyang.

Pastikan Anda hanya makan ketika lapar fisik. Bagaimana Anda mengetahui bahwa Anda lapar secara fisik? Saat anda merasa lapar, janganlah langsung mengisi perut anda denagn makanan. Minumlah terlebih dahulu segelas air. Rasakan apakah dengan minum air anda masih merasa lapar atau sudah kenyang. Seringkali rasa haus kita artikan juga sebagai rasa lapar. Saat Anda merasa tetap lapar, maka itu artinya anda dalam keadaan lapar fisik, segeralah makan.

Hindari juga menahan lapar terlalu lama. Saat anda sangat kelaparan, maka hal tersebut dapat memicu emosi yang membuat Anda kalap saat bertemu dengan makanan. Inilah yang menyebabkan Anda mudah terjebak dalam pola makan secara berlebihan yang kemudian menjadikan Anda gemuk.

2. Makan apapun yang Anda inginkan

Apa yang terjadi saat anda memusuhi seseorang? Semakin anda memusuhinya maka semakin anda terus memikirkannya. Demikian halnya dengan makanan. Saat anda menghalangi diri anda untuk tidak memakan makanan tertentu sementara anda tahu anda sangat menyukainya, maka anda akan semakin terobsesi untuk memakannya.

3. Makan secara sadar

Tidak menjadi masalah bagi Anda untuk memakan setiap makanan yang Anda inginkan selama anda memakannya secara sadar. Kebanyakan orang senantiasa menyadari dorongan dalam dirinya untuk makan. Meski baru saja sarapan pagi, seseorang bisa terus dalam keadaan sadar memikirkan makanan yang ingin dinikmatinya saat makan siang. Hingga tiba saat makanan itu di depan mata, yang terjadi malah sebaliknya, dia memakannya dengan lahap tanpa lagi menyadari bagaimana tekstur serta perubahan rasa saat makanan tersebut masuk kedalam mulutnya.

Makan secara sadar berarti anda makan dengan menyadari penuh segala aktivitas dan sensasi yang anda rasakan saat makan. Caranya adalah dengan memasukkan makanan kedalam mulut, mengunyahnya secara perlahan-lahan sebanyak 15hingga dua puluh kali, merasakan perubahan rasa dan tekstur yang terjadi pada makanan saat dikunyah, dan menelannya secara perlahan saat makanan telah menjadi halus.

4. Berhentilah ketika kenyang

Saat Anda makan secara sadar, Anda memberikan kesempatan kepada organ perut Anda untuk memberikan laporan kepada otak kapan persisnya Anda akan merasa kenyang. Saat Anda akan merasa kenyang maka berhentilah makan. Letakkan sendok dan garpu Anda. Berdirilah dari meja makan dan tinggalkanlah piring Anda meski masih tersisa makanan diatasnya.

Lakukan ke 4 aturan emas pola makan positif diatas secara terus menerus hingga menjadi kebiasaan. Tanpa anda sadari, secara perlahan namun pasti berat badan anda akan semakin berkurang hingga mencapai berat badan ideal. Metode ini dijamin menghasilkan perubahan yang permanen dikarenakan anda telah mengubah program pikiran bawah sadar anda menjadi lebih berdaya dalam menjadikan anda memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal.

Untuk mempercepat pemrograman pikiran bawah sadar Anda agar 4 aturan emas pola makan positif segera menjadi kebiasaan dan sifatnya otomatis dalam diri anda. Lakukan hal-hal berikut :

1. Duduk atau berbaringlah di tempat yang membuat Anda merasa nyaman. Buatlah diri anda merasa rileks. Tarik nafas yang panjang sebanyak 5 kali, saat hembusan nafas yang ke lima, lepaskan nafas secara perlahan sambil memejamkan mata dan berkata di dalam hati “rileks…semakin rileks…dan jauh lebih rileks”.

2. Bayangkanlah satu kondisi disaat Anda merasa lapar secara fisik. Kemudian bayangkan didepan Anda telah terhidang makanan yang sangat Anda sukai. Rasakan Anda sedang memegang sendok dan garpu. Lalu bayangkan Anda sedang makan secara perlahan dan penuh kesadaran. Setiap kali setelah Anda memasukkan makanan kedalam mulut, Anda meletakkan kembali sendok dan garpu diatas piring. Secara sadar Anda mengunyah makanan dimulut Anda sebanyak 15 hingga 20 kali. Lakukan sebanyak 6 kali dan setelah itu dorong piring didepan anda sambil berkata di dalam hati “cukup.”

3. Saat Anda merasakan kantuk yang amat sangat, lanjutkan dengan memberikan sugesti pada diri sendiri dengan mengulang-ulang kalimat “semakin hari saya semakin dapat mengontrol pola makan saya sehingga semakin hari saya semakin sehat dan lansing” sambil membayangkan diri Anda yang telah memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal.

Tidak ada komentar: